Tips Interview Kerja Yang Baik Untuk Fresh Graduate

Tips Interview Kerja Yang Baik - Halo sobat Teknik Indonesia kali ini admin akan memberikan sedikit tips interview kerja, khusus nya untuk fresh graduate.

tips interview kerja fresh graduate

Tahap ini biasanya adalah tahap yang sangat menentukan bagi calon karyawan, dan inilah saat penting bagi Sobat untuk meyakinkan perusahaan bahwa Sobat memenuhi syarat untuk bekerja.

Berikut ini ada beberapa yang dapat Sobat perhatikan agar dapat sukses melalui interview:

Tips Interview Kerja Yang Baik


1. Persiapkan dengan Baik

Persiapkanlah segala sesuatu sebelum interview dilaksanakan, seperti membuat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk wawancara.

tips interview kerja yang baik dan benar

Misalnya membawa salinan resume, menulis lokasi perusahaan, dan mengetahui berapa lama Sobat akan tiba di tempat tersebut. Yang tidak kalah pentingnya ialah jangan sampai terlambat.

2. Berpakaian dengan Tepat

Pepatah lama mengatakan, “Sobat tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua, untuk membuat kesan pertama.” Penampilan memiliki peranan besar bagi Sobat, karena pada saat itu penampilan menjadi penilaian apakah Sobat terlihat profesional atau ceroboh.

Baca Juga : Kesalahan Fresh Graduate Saat Negosiasi Gaji

Ketika Sobat memutuskan apa yang akan dikenakan pada saat wawancara, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui seperti apa budaya di perusahaan tersebut. Apakah Sobat interview di perusahaan yang karyawannya memakai pakaian rapi seperti jas atau berpakaian lebih santai seperti mengenakan t-shirt dan celana jeans.

3. Mengetahui Perusahaan yang Sobat Lamar

Sebelum interview, Sobat diharapkan dapat mengetahui perusahaan terkait, minimal tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa. 

Sobat bisa membuka web perusahaan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar Sobat bisa mengupdate kabar terbaru dari si perusahaan. Dengan mengakrabkan diri Sobat kepada perusahaan secara langsung akan memberikan keunggulan atas pesaing Sobat.

4. Buat kontak mata dengan Interviewer

Saat bertemu dengan interviewer, buatlah kontak mata yang positif. Kontak mata sangatlah penting, karena merupakan salah satu bentuk komunikasi non-verbal yang kuat. Kualitas kepribadian seseorang dapat dideteksi hanya berdasarkan kontak mata. 

Selain itu membuat kontak mata langsung dapat mengkomunikasikan rasa percaya diri juga harga diri Sobat yang tinggi. Jadi sangatlah penting membuat kontak mata saat pertama kali bertemu dengan pewawancara saat berjabat tangan. Melakukan kontak mata tidak hanya saat Sobat berbicara, tetapi juga saat Sobat mendengar.

5. Tahu Persis Apa Keterampilan Sobat

Sobat harus mengingat resume yang telah Sobat buat, keterampilan apa saja yang Sobat tulis. Selain itu, efektiflah dalam mengkomunikasikan keterampilan dan kualifikasi untuk interviewer. 

Jika mereka meminta menjelaskan apa saja yang dilakukan di pekerjaan terakhir Sobat, maka siapkanlah jawaban yang didukung oleh contoh-contoh konkret. Interviewer biasanya mengetahui apa saja yang terkait dengan Sobat melalui resume.

Sekian artikel tentang Tips Interview Kerja Yang Baik Untuk Fresh Graduate.

Semoga sobat semua bisa cepat diterima di Perusahaan yagn sobat lamar, terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "Tips Interview Kerja Yang Baik Untuk Fresh Graduate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel