Software Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Teknik Mesin

Teknik Indonesia | Di era digital yang serba modern sekarang ini, kegiatan atau pekerjaan manusia kini selalu dihadapkan dengan bantuan teknologi yang serba canggih.

software untuk mahasiswa teknik informatika


Dengan kata lain di zaman yang serba modern ini banyak sekali kegiatan (pekerjaan) yang dilakukan oleh manusia membutuhkan bantuan komputer.

Membahas pekerjaan dengan bantuan komputer maka tidak lepas juga membahas istilah software yang terintegrasi dengan komputer tersebut. 

Baik di dunia industri, dunia pekerjaan, dunia pendidikan atau perkuliahan maka komputer dan software merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. 

Karena kedua unsur tersebut merupakan sesuatu yang memiliki peran penting dalam bidang-bidang yang telah disebutkan diatas.

Berikut ini software-software yang wajib dimiliki oleh mahasiswa teknik mesin atau seorang Mechanical Engineering:

Software Untuk Mahasiswa Teknik Mesin

MATLAB (Matrix Laboratory)

MATLAB Logo

MATLAB atau kependekan dari Matrix Laboratory merupakan salah satu software penting bagi seorang engineer, apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa teknik mesin. Software MATLAB memiliki peran yang sangat penting, dimana melalui aplikasi ini seorang engineer dapat memecahkan berbagai permasalahan dalam bidang teknik. 

Aplikasi ini tentu memiliki fungsi yang sangat banyak, diantara fungsi umumnya adalah untuk perhitungan Matematika dan Komputasi, Visualisasi, Pengembangan Algoritma Matematika, Simulasi, Pemodelan, Akuisisi data dan lain-lain.

Di dunia akademik atau di lingkungan universitas, MATLAB merupakan software yang biasanya digunakan sebagai tool atau alat pembelajaran standar untuk tahap pengenalan dan lanjut dalam matematika, teknik serta sains. Selain itu aplikasi MATLAB juga sering kali menjadi kebutuhan untuk keperluan riset atau penelitian, baik di dunia industri atau akademik.


Visual Basic

Visual Studio logo HD

Di lingkungan kampus atau di dunia perkuliahan mahasiswa teknik mesin, Visual Basic merupakan salah satu software wajib yang harus dipelajari dan diketahui fungsinya. Secara umum, visual basic merupakan software yang berfungsi untuk membuat sebuah program berbasis windows, mulai dari program yang paling sederhana hingga program yang sangat rumit. Contoh program yang dimaksud dapat berupa software kasir, software perpustakaan dan software-software komersil lainnya.

Visual Basic juga hampir serupa dengan MATLAB, dimana didalamnya terdapat pengaplikasian dan pengembangan algoritma matematika. Untuk dapat membuat aplikasi atau software menggunakan visual basic maka kita harus menguasai pemrogramannya, umumnya bahasa pemrograman yang digunakan ialah bahasa pemrograman C++. Adapun software visual basic yang paling banyak digunakan ialah Microsoft Visual Basic.


AutoCAD

AutoCAD logo

Selain untuk mahasiswa teknik sipil. AutoCAD merupakan salah satu software yang harus dikuasai bagi kamu para mahasiswa teknik, khususnya mahasiswa teknik mesin. Software AutoCAD ini sangat erat sekali hubungannya dengan desain perancangan suatu produk, dengan Auto CAD kalian akan terbantu menggambar desain 2D dan 3D.


Autodesk Inventor

Autodesk Inventor merupakan salah satu software  desain perancangan produk yang sepuluh tahun terakhir ini sangat banyak digemari oleh mahasiswa teknik mesin. Betapa tidak, dengan beberapa keistimewaan yang dimilikinya maka mahasiswa teknik mesin akan semakin menggemarinya untuk menginstall.


Solidworks

Solidworks merupakan salah satu software desain perancangan produk yang termasuk lumayan digandrungi oleh mahasiswa teknik mesin. Software yang mudah digunakan dan nyaman untuk dioperasikan akan semakin membuatnya mudah untuk dipakai. 

Software solidworks secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan software AutoCAD, Autodesk Inventor, Autodesk Fusion 360 dan CATIA. Sehingga keempat software tersebut termasuk software pesaing dari solidworks.


Software ANSYS

Software ANSYS Logo HD

Software ANSYS merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membentu penyelesaian masalah di bidang desain dan analisis (design and analysys).

Software ANSYS menawarkan berbagai produk yang multi solusi, lengkap dan komperehensif. Umumnya digunakan untuk memecahkan permasalahan struktur linier, nonlinier serta analisis dinamika. Selain itu, Produk ANSYS juga menawarkan software untuk pemecahan masalah analisis thermal, analisis fluida yang sering kita kenal dengan istilah CFD (Computational Fluid Dynamics) , dan berbagai case engineering yang lainnya.


CNC Simulator

CNC Simulator merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membentu penyelesaian simulasi produk yang akan dikerjakan oleh seorang desain perancang produk. Pada umumnya desain produk yang akan diproduksi secara masal harus melalui pembuatan sampel produk. Sampel produk tersebut agar meminimalisir cacat produk maka sebelum diproduksi harus disimulasikan terlebih dahulu. Salah satu tool yang digunakan untuk mensimulasinya adalah berupa software atau aplikasi CNC Simulator Pro.


Software PDMS

PDMS Logo HD

PDMS atau Plant Design Management System merupakan salah satu software yang harus dikuasai bagi kamu mahasiswa teknik, khususnya mahasiswa teknik mesin. Bagi kamu mahasiswa teknik mesin yang gemar mempelajari ilmu perpipaan (piping) maka lebih wajib lagi mempelajari tentang PDMS ini. PDMS menawarkan keistimewaan-keistimewaan yang luar biasa, diantara keistimewaannya ialah sebagai berikut:

  • Design view ditampilkan secara nyata (riil) dengan tampilan 3D.
  • Pembuatan gambar teknik (2D Drawing) lebih mudah dan rapih.
  • Pembuatan katalognya lebih mudah
  • Internal database sehingga database eror lebih minimalisir.

Sekian terkait berbagi pengalaman tentang Software Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Teknik Mesin. Semoga Bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan sobat teknik-indo bisa tulis pertanyaan melalui kolom komentar pada halaman ini.

Sekian, Jika ada kekurangan atau kekeliruan mohon dikoreksi.

Kami tunggu komentarnya sobat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Software Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Teknik Mesin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel