5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Teknik Indonesia | Memilih Prodi (program studi) atau jurusan kuliah bagi calon mahasiswa baru dapat dikategorikan gampang-gampang susah. Betapa tidak, apalagi kalau posisi sobat teknik-indo haus akan informasi seputar jurusan yang akan dipilih atau dituju.

memilih jurusan kuliah


Dengan kurangnya informasi tersebut maka akan berdampak pada penghambatan proses persiapan dan perkuliahan sobat nantinya. Karena pada dasarnya jangan sampai sobat teknik-indo memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh sobat.

Sedikit berbagi pengalaman selama empat tahun perkuliahan mas admin teknik-indo. Kenyataannya tidak sedikit teman-teman saya yang putus kuliah gara-gara disebabkan merasa kurang cocok dengan jurusan kuliah yang dipilihnya.

Kebanyakan dari mereka awal mulanya tidak mencari informasi terlebih dahulu tentang jurusan yang akan dipilih pada semasa setelah lulus SMA atau SMK. 

Yang mereka rasakan pada awal perkuliahan tidak ada gairah semangat belajar, was-was dengan perkuliahan kedepannya serta ingin segera berhenti atau putus kuliah dan segera persiapan mencari jurusan baru yang menurut dia cocok sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.

Dengan demikian, maka menjadi penting jika sobat teknik-indo akan mendaftar kuliah serta harus mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang jurusan yang akan dituju.

Berikut ini teknik-indo akan merangkum beberapa tips sebelum memilih jurusan kuliah bagi kalian calon mahasiswa baru:

Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi


Memantapkan Minat dan Bakat

jurusan sesuai minat

Sebelum sobat teknik-indo akan memilih serta menentukan jurusan kuliah yang menurutnya favorit, ada baiknya sobat terlebih dahulu menggali kemampuan dan melihat minat serta bakat yang ada dalam diri kita. Kenali potensi diri kita, kira-kira fashion kita akan merujuk dibidang ilmu apa. 

Jangan sampai sobat memilih jurusan kuliah yang bertolak belakang dengan bakat yang dimilikinya, hal ini tentu akan sangat menghambat proses perkuliahan selama empat tahun kedepan. Setelah mengetahui minat dan bakat kita, maka kita akan lebih mudah untuk menemukan dan menentukan jurusan apa yang akan dipilih.

Menggali Informasi Seputar Jurusan Yang Akan di tuju


Setelah sobat mulai mengenali potensi diri serta memantapkan bakatnya di bidang tertentu, maka selanjutnya sobat akan mulai memiliki beberapa opsi jurusan yang akan dipilih. Langkah yang paling tepat pada posisi ini adalah sobat harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beberapa opsi jurussan yang sesuai dengan potensi, minat dan bakat sobat.

Menggali informasi dapat melalui internet dengan cara mengunjungi website resmi jurusan tertentu pada universitas tertentu, lazimnya pada website-website universitas sekarang akan menyajikan informasi detail terkait profile jurusan yang dimilikinya. Selain melalui internet, apabila sobat memiliki kakak kelas yang sedang kuliah dijurusan yang akan dituju sobat maka sobat dapat menggali info sebanyak-banyaknya melalui kakak kelas.

Jangan Terlalu Fokus Terhadap Gengsi


Jangan terlalu fokus terhadap gengsi, point ketiga ini menjadi point penting apabila sobat akan memilih jurusan kuliah. Jangan sampai karena teman akrab kita sewaktu SMK atau SMK memilih jurusan kedokteran maka kita akan ikut-ikutan memilih jurusan kedokteran, sementara itu diri kita tidak mempertimbangkan beberapa faktor. 

Faktor kemampuan potensi diri, faktor kemampuan keuangan atau biaya dari orangtua serta yang paling penting adalah faktor bakat atau skill yang kita miliki masing-masing. Intinya sebelum sobat menentukan jurusan kuliahnya harus membuang jauh-jauh ego dan gengsi dalam diri sobat. Ingat ! proses perkuliahan itu berjalan tidak hanya sehari dua hari, jangan menjadi mahasiswa yang gagal kuliah karena disebabkan oleh gengsi oriented.

Perhatikan Akreditasi Universitas dan Jurusan

jurusan kuliah ipa yang menjanjikan

Kampus di Indonesia jumlahnya sangat banyak, level atau nilai akreditasi jurusan dan universitanya pun beragam. Jika sobat akan memilih jurusan kuliah tentu harus melihat juga nilai akreditasi jurusan dan nilai akreditasi universitasnya. 

Hal ini menjadi penting, karena nilai akreditasi akan menjadi faktor pendukung ketika sobat setelah lulus nanti untuk melamar pekerjaan. Silahkan sobat pilih universitas dan jurusan yang memiliki nilai akreditasi minimal B, lebih-lebih menemukan dengan nilai akreditasi jurusan dan universitas dengan nilai akreditasi A.

Untuk mengecek akreditasi universitas atau jurusan, sobat bisa kunjungi website Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau klik link berikut ini CEK AKREDITASI BANPT

Pertimbangkan Biaya

tes jurusan sma

Jika sobat teknik-indo akan kuliah dengan biaya mandiri, artinya bukan kuliah yang didapat melalui jalur beasiswa. Maka hal penting yang harus diperhatikan adalah pertimbangan biaya perkuliahan selama satu semester. 

Hal ini tentu agar menjadi pertimbangan kemampuan pendapatan orang tua sobat, tidak dapat dipungkiri biaya kuliah zaman sekarang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sederhananya sama-sama jurusan kuliah apabila lain kampus maka biaya yang harus dikeluarkan tiap semester pun berbeda-beda. Dengan demikian faktor pertimbangan biaya menjadi perihal penting untuk menentukan jurusan kuliah calon mahasiswa baru.

Demikianlah ulasan dan tips-tips sebelum sobat memilih jurusan kuliah, jika anda masih bingung memilih jurusan kuliah berikut ini admin sajikan rangkuman terkait tips-tips untuk memilih jurusan kuliah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan potensi kita.
  2. Tumbuhkembangkan motivasi diri.
  3. Perhatikan ketersediaan jurusan kuliah di universitas yang akan dituju.
  4. Perhatikan potensi karir dimasa depannya.
  5. Jangan ikut-ikutan teman akrab dalam memilih jurusan kuliah, tetap fokus pada minat, bakat dan kemampuan diri kita.
  6. Gali informasi sebanyak-banyaknya dan sedetail mungkin tentang kampus dan jurusan yang akan dituju.
  7. Perhaatikan nilai akreditasi jurusan dan nilai akreditasi universitas.
  8. Pertimbangkan kemampuan biaya kuliah orang tua.

Sekian terkait berbagi pengalaman tentang Tips-tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat bagi calon mahasiswa baru. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel