Perbedaan Program Absolute dan Incremental

Bagi seorang engineering, khususnya kalangan Mechanical Engineering dan Industrial Engineering ketika mendengar istilah absolute dan incremental pada pemrograman CNC tentu sudah tidaklah asing lagi.

Perbedaan Program Absolute dan Incremental

Kedua metode sistem koordinat inilah yang digunakan saat akan melakukan penyusunan program G-Code pada mesin CNC atau software CNC Simulator Pro. Sebelum jauh membahas tentang perbedaan sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental pada CNC, pastikan sobat teknik-indo telah membaca serta mempelajari materi-materi dasar tentang G-Code.

Baik sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental secara hasil pengerjaan pada suatu benda, kedua sistem koordinat ini tidak memiliki perbedaan, hanya saja yang membedakan ialah terletak pada metode penyusunan program numeric berupa G-Code nya. Sehingga ketika kedua system koordinat tersebut dibuat dan di  operasikan pada mesin CNC atau disimulasikan pada Software CNC Simuator Pro akan menghasilkan bentuk profil yang sama.

Lalu letak perbedaannya dimana, antara sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental ?.  Baik, letak perbedaannya ialah berada pada penentuan titik nol (0) untuk menjalankan pergerakan pahat. Perbedaan lainnya ialah tingkat kenyamanan pemrograman, dimana sebagian orang ada yang lebih nyaman dengan penyusunan G-Code dengan sistem absolute dan sebagian orang ada yang nyaman dengan sistem incremental.

Berikut ini akan dibahas mengenai pembahasan perbedaan antara sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental.

Sistem Absolute

Pemrograman sistem absolute ialah sistem pemrograman G-Code CNC yang dalam menentukan data posisi elemen geometri benda kerja didasarkan pada satu titik referensi tanpa berubah-ubah. Penjelasan lainnya ialah, bahwa sistem koordinat jenis ini letak titik referensinya mengacu pada X=0 ; Y=0 ; Z=0 pada (titik nol) yang tetap. Dalam bahasa lain Sistem koordinat absolute merupakan metode pemrograman CNC dimana titik referensinya selalu tetap.

Dalam penyusunan bahasa pemrogramannya, Sistem koordinat absolute diterjemahkan menggunakan simbol atau kode G90.

Untuk memudahkan penjelasan Sistem Absolute diatas, berikut ini saya tampilkan asumsi logika Sistem Absolute melalui diagram atau grafik pada gambar dibawah ini:

Sistem Absolute


Sistem Incremental

Pemrograman sistem incremental ialah sistem pemrograman G-Code yang dalam menentukan data posisi elemen geometri benda kerjanya diukur pada titik referensi yang berpindah-pindah. Titik referensi acuannya didasarkan pada posisi akhir perpindahan pahat (tool). Dalam bahasa lain Sistem koordinat absolute merupakan metode pemrograman CNC dimana titik referensinya selalu berubah-ubah.

Dalam penyusunan bahasa pemrogramannya, Sistem koordinat incremental diterjemahkan menggunakan simbol atau kode G91.


Untuk memudahkan penjelasan Sistem Incremental diatas, berikut ini saya tampilkan asumsi logika Sistem Incremental melalui diagram atau grafik pada gambar dibawah ini:

Sistem Incremental



Sekian penjelasan tentang Perbedaan Sistem Koordinat Absolute dan Sistem Koordinat Incremental pada G-Code CNC, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan sobat teknik-indo bisa tulis pertanyaan melalui kolom komentar pada halaman ini.

Sekian, Jika ada kekurangan atau kekeliruan mohon dikoreksi.
Kami tunggu komentarnya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Program Absolute dan Incremental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel