Dasar Dasar Kuliah Teknik Elektronika

Teknik elektro tidaklah sama dengan teknik elektronika yang kebanyakan orang pikirkan. Mungkin andapun belum mengetahui mengenai hal ini juga karena memang banyak sekali orang yang menganggap bahwa elektro dan elektronika merupakan satu ilmu yang sama hanya berbeda penggunaan nama saja.

teknik elektronika

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang gemar mempelajari rangkaian elektronika yang lebih sering menggunakan arus rendah, anda berarti sedang mempelajari teknik elektronika. 

c

Sebelum anda mulai memutuskan akan lebih condong ke ilmu mana antara teknik elektro dan teknik elektronika, ada baiknya anda melihat terlebih dahulu beberapa hal yang akan anda pelajari pada masing-masing ilmu tersebut yang juga akan menunjukkan perbedaan dari kedua ilmu yang dianggap sama oleh kebanyakan orang.

Perbedaan Teknik Elektro dan Elektronika


Teknik Elektro

Pada ilmu ini, sebenarnya anda tetap akan mempelajari mengenai rangkaian yang menggunakan arus rendah atau sering disebut dengan arus DC. 

Namun demikian, fokus utama dari dari ilmu ini adalah mempelajari mengenai berbagai macam arus kuat mulai dari jaringan listrik yang juga termasuk dengan pembangkit tenaga listrik. 

Ilmu elektro ini lebih memberikan anda pemahaman dan kemampuan tentang segala macam benda yang menggunakan arus listrik tinggi atau juga sering disebut arus listrik AC.

Teknik Elektronika

Jika anda lebih memiliki niat dalam mempelajari rangkaian elektronika dan komponen-komponen seperti resistor, transistor, kondensator, dan masih banyak lainnya, anda sebaiknya masuk kedalam teknik elektronika. 

Disinilah tempat dimana anda akan lebih banyak mempelajari tentang segala rangkaian elektronika yang menggunakan arus listrik rendah atau DC yang biasanya didapatkan dari penggunaan baterai.

Setelah anda membaca penjelasan diatas, kami harapkan anda tidak lagi bingung dengan arti sebenarnya dari kedua ilmu yang dianggap sama tersebut. Selain itu, kami harapkan anda bisa lebih fokus lagi mulai dari sekarang dalam memilih salah satu dari teknik elektronika atau teknik elektro

Dasar - Dasar Elektronika

Elektronika dasar adalah pelajaran pertama yang perlu anda dalami jika ingin mempelajari tentang dunia elektronika yang memang cukup mengasyikkan untuk ditekuni.

teknik elektronika industri

Dengan memahami ilmu elektronika, anda bisa membuat berbagai macam benda yang pada mulanya tidak ada atau bahkan tidak terpikirkan oleh kita. 

Anda bisa melihat berbagai macam benda yang ada di sekitar kita saat ini dan yang terutama digunakan untuk membantu kita dalam melakukan banyak pekerjaan adalah hasil dari implementasi ilmu elektronika. 

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, kami akan sedikit membagikan informasi mengenai beberapa ilmu dasar yang wajib anda kuasai jika anda ingin mendalami dunia elektronika tersebut.

Beberapa hal penting mengenai dunia elektronika yang perlu anda ketahui sangatlah banyak sebenarnya, namun kami akan membagikan beberapa ilmu mengenai elektronika dasar terlebih dahulu pada artikel kali kepada anda. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda pelajari sebelum melangkah dalam pelajaran elektro lainnya.

Fungsi dari komponen elektronika

Sudah tentu anda mengetahui bahwa di dalam dunia elektro tersebut terdapat banyak sekali komponen yang akan anda temui. 

Inilah bagian pertama yang perlu anda pelajari karena jika anda tidak mengetahui tentang komponen-komponen yang akan anda gunakan, sudah barang tentu anda tidak akan bisa membuat sebuah rangkaian elektronika bukan? 

Membaca skema elektronika

Dalam membuat sebuah alat elektro, biasanya anda akan melihat sebuah skema yang dinamakan skema elektronika. 

Pada skema ini akan terdapat berbagai informasi mulai dari jenis komponen yang akan anda perlukan hingga cara kerja dan juga fungsi dari alat elektro yang terdapat dalam skema tersebut.

Mengetahui bagaimana cara merakit komponen

Merakit komponen memang terlihat mudah, namun sebenarnya tidaklah semudah yang anda kira karena anda butuh kesabaran dan juga ketelitian dalam merakit berbagai macam komponen menjadi satu kesatuan untuk bisa menjadi sebuah alat elektro yang berfungsi dengan baik. 

Oleh sebab itu, untuk merakit semua komponen tersebut anda juga harus memahami bagaimana menggunakan solder yang juga termasuk kedalam ilmu elektronika dasar.

Ragam Komponen Elektronika

Komponen elektronika merupakan bagian paling penting di dalam sebuah alat elektronik. Komponenlah yang membuat sebuah alat elektronik dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Fungsi Multimeter atau Avometer

Jika anda memiliki niat untuk mempelajari teknik elektro, ada baiknya anda mulai mempelajari terlebih dahulu mengenai fungsi dari beberapa komponen elektronika yang penting yang sering sekali digunakan dalam rangkaian elektronika. 

Bagi anda yang ingin mempelajari tentang dunia elektro bisa mulai memahami terlebih dahulu nama dan juga fungsi beberapa komponen yang akan kami sampaikan di artikel ini. minimal dengan mengetahui mengenai komponen elektronika, anda bisa mulai merakit alat elektronik dasar yang mudah untuk dibuat.

Berikut ini adalah beberapa komponen elektronika yang wajib anda ketahui sebelum anda terjun ke dunia elektro. Kami akan membagi macam komponen menjadi dua yaitu komponen bertipe pasif dan juga aktif.

Komponen elektronika bertipe aktif adalah komponen yang tidak bisa berfungsi jika tidak ada aliran listrik di dalamnya. 

Oleh sebab itu, biasanya komponen-komponen ini bisa anda lihat letaknya tidak akan terlalu jauh dari posisi arus listrik masuk di dalam skema elektronika. Berikut ini adalah beberapa macam komponen bertipe aktif.

  • Transistor
  • IC
  • Lampu tabung
  • Diode
  • LED

Komponen tersebut tidak dapat berfungsi jika tidak ada listrik yang mengalirinya sehingga, anda perlu mengalirkan listrik pada beberapa komponen tersebut dengan cara menempatkannya dekat dengan posisi arus listrik masuk dalam rakitan alat elektronik yang akan anda buat.

Selain itu, komponen lainnya yang perlu anda ketahui adalah komponen yang bersifat pasif. Komponen ini bisa berfungsi dengan baik tanpa perlu di aliri oleh listrik. 

Biasanya komponen tipe pasif ini berfungsi sebagai penghantar atau penghambat arus listrik di dalam komponen. Berikut ini adalah beberapa komponen yang bersifat pasif.

  • Resistor
  • Kapasitor
  • Trafo
  • Relay
  • Saklar


Belum ada Komentar untuk "Dasar Dasar Kuliah Teknik Elektronika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel