Perbedaan Program G-Code Milling dan Turning (Bubut)

Teknik Indonesia | Banyak yang kebingungan bagaimana dalam membedakan antara program G-Code Milling dan program G-Code turning.

Perbedaan Program G-Code Milling & Turning (Bubut)

Baik, disini akan di ulas bagaimana kita mempelajari perbedaan antara program G-Code Milling dan program G-Code turning.

Sederhananya begini untuk dapat membedakan dengan mudah, yang pertama akan kita bahas dulu logika program G-Code Milling, baru kemudian akan di bahas logika G-Code Turning.

Program G-Code Milling


Program G-Code Milling merupakan bahasa pemrograman CNC yang secara logika menggunakan tiga axis (sumbu) yaitu sumbu X, Y, dan Z. Adapun pengertian Mesin CNC Milling itu sendiri ialah mesin yang berfungsi untuk membuat atau mengerjakan benda dimana benda kerjanya (material) berada pada posisi tetap (diam) sementara mata pahatnya (tool) yang bergerak dan berputar.

Untuk memahami logika kerja sumbu pada Mesin CNC Milling, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Jari sumbu x y z CNC


Perbedaan CNC Milling dan Turning

Keterangan

X = Sumbu gerak pahat mendatar arah horizontal
Y = Sumbu gerak pahat keatas arah vertical
Z = Sumbu gerak pahat keatas sebagai ketinggian pahat (tool)

Catatan: Bedakan antara arah sumbu Y dan Z, dimana Y adalah lawan gerak sumbu X. Sedangkan sumbu Z adalah gerakan naik turun pahat, atau dalam bahasa pemesinan diasumsikan sebagai kedalaman pemakanan.

Keterangan

X = Panjang Benda Kerja (arah horizontal)
Y = Lebar Benda Kerja (arah vertical)
Z = Ketebalan Benda Kerja.

Program G-Code Turning

Berikut akan di bahas logika program G-Code Turning. Secara bahasa G-code Turning merupakan pemrograman CNC pada mesin tipe bubut. Sehingga secara logika pemrogramannya hanya menggunakan dua axis atau dua (sumbu) saja, yaitu sumbu X dan Z.
 
Adapun pengertian Mesin CNC Turning itu sendiri ialah mesin yang berfungsi untuk mengerjakan benda (material) berbentuk silinder. Pada mesin CNC Turning, yang berputar bukan mata pahatnya (tool), akan tetapi benda kerjanya (material). Dimana benda kerja berputar pada cekaman pada unit Mesin CNC Turning. Produk yang dihasilkan melalui Mesin CNC Turning biasanya dapat berupa rumah bantalan (house bearing), pulley, roda, ulir, poros dan lain-lain. 

Untuk memahami logika kerja sumbu pada Mesin CNC Turning, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Program G-Code Turning


Perbedaan CNC Milling dan Turning

Keterangan

X = Sumbu gerak naik turun ketinggian pahat
Z = Sumbu gerak pahat kearah horizontal. (<<== dan ==>>)

Catatan

Perbedaan mendasar pada Program CNC Milling dn CNC Turning ialah hanya pada penggunaan arah sumbu. Untuk Program CNC Turning menggunakan tiga sumbu X, Y, dan Z. Sementara untuk Program CNC Turning (Bubut) hanya menggunakan dua arah sumbu yaitu X dan Z.

Sekian penjelasan tentang Perbedaan Pemrograman pada Mesin CNC Milling dan Pemrograman pada Mesin CNC Turning, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan sobat teknikmesin-indo bisa tulis pertanyaan melalui kolom komentar pada halaman ini.

Sekian, Jika ada kekurangan atau kekeliruan mohon dikoreksi.
Kami tunggu komentarnya sobat. Terimaka

2 Komentar untuk "Perbedaan Program G-Code Milling dan Turning (Bubut)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel