Jangan Lakukan Ini, Kesalahan Fresh Graduate Saat Negosiasi Gaji

Halo sobat Teknik Indonesia, kali ini admin akan membagikan sebuah tips dan trik seputar Negosiasi Gaji Dengan HRD Saat Interview kerja.

Negosiasi Gaji Saat Interview


Banyak dari kita para pencari pekerjaan / jobseeker gagal di tahap interview, padahal di tahap interview ini akan dilihat keseriusan kita pada pekerjaan yang kita lamar.

Melamar kerja memang butuh persiapan mental. Ketika menghadapi HRD suatu perusahaan, acap kali pelamar kerja meminta gaji yang terlalu tinggi, sehingga mereka ditolak perusahaan itu. atau bahkan mereka meminta gaji yang terlalu rendah, sehingga membuat pelamar kerja tidak kerasan bekerja di sana.

Kesalahan Fresh Graduate Saat Negosiasi Gaji


1. Menunjukkan Ketidaksiapan

Pastikan Sobat mengetahui segala seluk beluk tentang tren gaji untuk posisi yang Sobat lamar. Banyak dari pelamar kerja meminta gaji yang terlalu rendah sehingga mereka merasa dirugikan.

Untuk melihat rata - rata dari gaji posisi yang sobat lamar sobat bisa cek di SINI, tapi ini bukan menjadi patokan yang valid ya sobat.

Sobat bisa menaikkan range gaji atau menurunkan nya, sesuaikan saja dengan skill dan kemampuan sobat, jika sobat memang betul - batul ahli dalam bisang tersebut sobat bisa menaikkan rnage gaji sobat.

2. Tarik-Ulur


Nego Gaji saat interview

Sobat memiliki taktik "tarik ulur" dalam negosiasi gaji? Berhati-hatilah. Banyak orang yang berbohong tentang gaji yang dimiliki sebelumnya atau tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang lebih menjanjikan.

Ini bisa menjadi bumerang bagi Sobat ketika Sobat tidak pintar dalam menganalisa situasi yang ada. Lebih baik jika Sobat jujur dengan kondisi Sobat.

Ingat ya sobat, semua yang di awali dengan ketidak jujuran akan menghasilkan hasil yang buruk pada akhirnya.

HRD pasti juga akan memberikan gaji sesuai dengan skill dan kemampuan yang sobat miliki.

Semakin banyak skill dan kemampuan yang sobat miliki semakin tinggi pula gaji yang di dapatkan.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

3. Jual Mahal

Pelamar kerja seharusnya tidak mendasarkan permintaan mereka pada nilai gaji. Tunjukkan pengaruh apa yang bisa Sobat bawa bagi perusahaan dan menangkanlah argumen tentang kasus yang dibahas.

Percayalah, dengan meningkatkan value Sobat dengan menunjukkan kepintaran Sobat, perusahaan pun akan melunak untuk melebihkan gaji Sobat.

Trik jual mahal ini sebenarnya masih bagus untuk dicoba, hanya saja sobat harus paham dengan situasi dan kondisi yang ada.

4. Melihat Uang Adalah Hal Terpenting

Gaji hanyalah salah satu keuntungan yang Sobat dapat dari perusahaan itu, agak naif memang.

Tetapi Sobat juga mesti melihat keuntungan yang lainnya; belajar dan berkembang dengan perusahaan yang memiliki nama besar.

Ingatlah selalu untuk mengevaluasi keuntungan yang Sobat dapatkan dari bekerja di sebuah perusahaan.

5. Memberikan Ancaman

Ini adalah hal yang paling fatal. Jangan mengira bahwa Sobat adalah satu-satunya kandidat yang dimiliki perusahaan tersebut.

Masih banyak puluhan, bahkan ratusan orang yang mengantre untuk posisi yang Sobat lamar (dan mungkin banyak dari mereka yang lebih baik dari Sobat).

Memberikan ultimatum terlalu cepat dalam sebuah proses dapat menyebabkan negosiasi Sobat hancur berantakan.

Sobat bisa melakukan cara ini jika telah bekerja cukup lama di suatu perusahaan, dan telah memegang posisi / jobdesk yang paling krusial di perusahaan terbut.

Demikian lah artikel tentang tips dan trik seputar Negosiasi Gaji Dengan HRD Saat Interview kerja.

Semoga artikel yang admin tulis ini bermanfaat untuk sobat semua.


Belum ada Komentar untuk "Jangan Lakukan Ini, Kesalahan Fresh Graduate Saat Negosiasi Gaji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel