Cara Membuat Desain Souvenir Menggunakan ArtCAM

Teknik Indonesia | Halo sobat teknik-indo, kembali lagi dengan materi terbaru terkait cara membuat desain souvenir atau sobat bisa juga mengartikan postingan ini dengan istilah cara membuat souvenir menggunakan software ArtCAM yang akan diulas pada episode berikut ini.


ArtCAM


Baik, sebelum membaca lebih lanjut terkait postingan terbaru ini pastikan sobat teknik-indo sudah meng-install software ArtCAM 2011 Pro pada laptop atau computer sobat masing-masing.

Perkembangan dunia kerajinan tangan kini kemajuannya cukup pesat, contohnya kerajinan tangan berupa souvenir, kerajinan ukir dan kerajinan tangan lainnya yang proses pembuatannya membutuhkan penanganan (treatment) secara pengukiran, pemotongan atau pembentukan secara khusus atau penanganan tertentu. 

Dulu pada zaman tahun 80-an sampai tahun 90-an orang-orang yang membuat kerajinan tangan berupa ukir maupun souvenir pada umumnya menggunakan peralatan tangan manual yang seadanya.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kini pembuatan souvenir ataupun kerajinan-kerajinan ukir juga diikuti dengan pemanfaatan teknologi. 

Singkatnya perjalanan sejarah membuat kerajinan ukir ataupun souvenir dengan menggunakan pemahatan (pahatan) manual yang berputar menggunakan alat penggerak tali yang dapat memutar poros kayu dan dapat memproses benda kerja dan menghasilkan benda ukiran sesuai hasil yang diinginkan.


souvenir kayu


Setelah itu, sejalan dengan perkembangan teknologi kini mulai bermunculan metode pembuatan kerajinan ukir maupun souvenir dengan menggunakan peralatan modern yang berbasis software melalui unit atau peralatan komputer yang terkoneksi otomatis dengan mesin pemahatan (mesin router).

Memasuki tahun 2000-an tepatnya sekitar tahun 2008 di Negara Indonesia mulai banyak mesin router atau mesin CNC yang digunakan untuk pemahatan benda kerja.

Awalnya mesin CNC  digunakan di dalam dunia teknik untuk membuat komponen-komponen kendaraan atau komponen-komponen mesin berbahan baja (alumunium dan besi paduan misalnya). 

Namun berkembangnya ide-ide serta gagasan yang muncul bahwa mesin router (CNC) tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat souvenir atau kerajinan ukir dengan material kayu, plastik, fiber maupun baja.

Agar mesin router dapat berfungsi untuk mengerjakan pemahatan sesuai rencana desain, maka ada perintah awal yang dapat mengirim sinyal rencana desain tersebut.

Dalam regulasinya, rencana desain dibuat menggunakan perangkat lunak (software) yang terintegrasi dengan komputer dan terkoneksi dengan mesin router (CNC) tersebut. 

Untuk membuat desain yang dapat dioperasikan oleh mesin router sobat teknik-indo dapat menggunakan software CAM (Computer Aided Manufacture) ataupun CAD (Computer Aided Design).

Sesuai dengan judul yang tertulis pada postingan ini, kami akan membahas cara membuat desain souvenir menggunakan Software CAM yang bernama ArtCAM 2011 Pro.

Oke sobat langsung saja…

Sesuai dengan pengalaman dan ilmu yang dimiliki oleh admin teknik-indo, berikut ini akan berbagi pengalaman terkait Cara Membuat Desain Souvenir Mengunakan ArtCAM.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Menginstal Software ArtCAM


Tahapan yang pertama ini sudah menjadi persyaratan wajib ya sob. Seperti halnya sobat teknik-indo akan menaiki kendaraan, hal pertama ialah memastikan bahwa sobat sudah memiliki kendaraan atau memastikan bahwa kendaraan yang akan dinaikinya sudah siap.

Dengan demikian maka  sebelum sobat hendak membuat desain menggunakan software ArtCAM maka sobat harus sudah memastikan bahwa software tersebut sudah ready atau sudah ter-install pada laptop atau computer sobat masing-masing.

2. Menggali Ide atau Menggali Gagasan Desain


Seperti halnya sobat teknik-indo akan membuat desain menggunakan photoshop atau coreldraw, maka ide atau gagasan desain adalah faktor paling penting dalam membuat rancangan desain souvenir.

Untuk memicu serta memacu gagasan desain, sobat harus rajin-rajin membuat coret-coretan didalam kertas. Tentu cara ini akan sedikit efektif untuk memudahkan sobat dalam tahapan desain selanjutnya.

3. Menuangkan Ide Desain Kedalam ArtCAM


Setelah sobat memiliki rancangan desain pada selembar kertas putih, tidak cukup hanya disitu saja. Maka langkah selanjutnya adalah sobat harus menuangkan rancangan desain tersebut kedalam software ArtCAM.

4. Mensimulasikan Desain


Setelah keseluruhan desain tertuangkan dan terintegrasikan pada software ArtCAM. Maka sebelum memasuki tahap pemrosesan desain kedalam pengerjaan menggunakan mesin, maka tahapan penting yang harus dilakukan sobat adalah mensimulasikan desain tersebut.

Tujuan mensimulasikan desain diantaranya ialah: agar dapat mengetahui seberapa optimal hasil desain tersebut ketika dikerjakan oleh mesin, dengan mensimulasi juga dapat memperkecil kesalahan desain atau mengurangi cacat produk pada saat dikerjakan oleh mesin.

5. Menyimpan Desain


Setelah desain dipastikan dapat dikerjakan oleh mesin melalui simulasi, maka tahapan selanjutnya adalah menyimpan desain tersebut ke dalam folder pada laptop atau komputer sobat masing-masing. Untuk menyimpan file desain tersebut tentu sangatlah mudah. 

Sekian terkait berbagi pengalaman tentang Cara Membuat Desain Souvenir Mengunakan ArtCAM. Semoga Bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan sobat teknik-indo bisa tulis pertanyaan melalui kolom komentar pada halaman ini.

Jika ada kekurangan atau kekeliruan mohon dikoreksi.

Kami tunggu komentarnya sobat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Desain Souvenir Menggunakan ArtCAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel